Thursday 11 August 2016

Inilah Wujud dan Arti Dari Logo HUT RI ke-71

18:08 Posted by Unknown , 2 comments
MERDEKA! Ya, pada tanggal 17 Agustus kita selalu memperingati hari yang sangat membahagiakan bagi Bangsa Indonesia. Yang menjadi khas dari hari kemerdekaan ini adalah upacara, lomba-lomba, dan acara kemerdekaan lainnya. Selain itu, logo kemerdekaan juga menjadi ciri khas tersendiri di hari kemerdekaan.

Di setiap logo-logo kemerdekaan, selalu terkandung cita-cita Bangsa Indonesia untuk 1 tahun kedepan. Berikut adalah penjelasan terperinci dari logo HUT RI ke-71.

Kisah Logo HUT RI ke-71 Indonesia Kerja Nyata
Logo peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia ini diresmikan oleh Kementrian Sekretariat Negara pada 25 Mei 2016 dan pertama kali tampil di mata masyarakat pada acara "Sudut Istana: Ekonomi Kreatif di Era Digital" melalui saluran televisi TVRI.


Digambarkan berupa dua setengah lingkaran yang diilustrasikan sebagai baling-baling yang mendorong pesat kedepan dengan impian agar pemerintah mampu memberikan kerja nyata bagi masyarakat dalam memajukan Indonesia.

Angka satu yang menembus lingkaran merupakan ajakan bagi masyarakat untuk bersatu dan menembus segala rintangan. Sederhana tapi tegas, kesan ini ingin menunjukkan sikap pemerintah yang mengutamakan keterbacaan yang jelas/transparasi/informatif dalam seluruh kerja nyatanya.

Tulisan "Indonesia Kerja Nyata" melengkapi logo berwarna merah putih tersebut, merupakan keinginan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk menciptakan kawasan ekonomi kerja nyata yang mampu mensejahterakan rakyat Indonesia.

Adityayoga, Sekjen ADGI sekaligus perancang logo HUT RI ke-71

Logo ini sendiri dirancang oleh Adityayoga seorang sekretaris jendral dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI). Visualisasi yang sudah terkesan modern namun sederhana membuat logo HUT RI yang ke-71 ini lebih menarik dari logo-logo HUT RI yang lainnya.

Kini, logo kemerdekaan Indonesia yang ke-71 tersebut dapat sobat lihat dalam situs Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Itulah wujud dan arti dari logo HUT RI yang ke-71. Akhir kata penulis menginginkan agar kedepannya Indonesia bisa semakin maju, semakin sejahtera, dan semakin baik dalam berbagai bidang. Merdeka!

2 comments: