Tuesday 10 January 2017

Mengapa Kita Menghormati Bunda Maria?

11:02 Posted by Unknown No comments
Bagi kita yang beragama nasrani tentu tidak lepas dari yang namanya Bunda Maria. Tentu kita menghormatinya sebagai ibu dari Sang Juruselamat. Lebih lagi kita menghargainya lewat doa-doa rosario yang kita panjatkan.

Berikut ini beberapa contoh alasan-alasan mengapa kita menghormati Bunda Maria. Juga saya sertakan beberapa bonus bagaimana cara kita untuk dapat menghormati Bunda Maria. Selamat menikmati artikel berikut ini.

1. Karena Bunda Maria Ikut Aktif Dalam Karya Penebusan
Seperti dalam dalam Injil Lukas, ketika Malaikat Gabriel menyampaikan pesan Allah kepada Bunda Maria bahwa ia akan melahirkan seorang laki-laki.”Sesungguhnya engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamakan Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya tahta Daud, bapa leluhurnya.” (Luk. 1:31-32)

Bunda Maria dengan iman yang penuh pasrah kepada Allah hanya menjawab: “sesungguhnya aku ini hamba Tuhan terjadilah padaku menurut perkataanmu.” (Luk. 1:38) Disinilah Bunda Maria menerima tugas untuk mengambil bagian dalam karya keselamatan.

2. Karena Bunda Maria Merupakan Seorang Kudus yang Besar
Image result for bunda mariaDalam Gereja katolik kita menghormati orang-orang kudus karena mereka merupakan karya tangan Tuhan yang penuh dan kaya akan rahmat. Bunda Maria adalah yang terkudus dari para kudus Bahkan sejak dalam kandungan. Dikatakan oleh malaikat: salam hai engkau yang dikarunia, Tuhan menyertai engkau. Suci artinya dikaruniai oleh Tuhan.

Orang dijadikan suci bukan karena karya manusia ,doa manusia, kepandaian, tetapi pertama-tama oleh karena karunia Tuhan. Ketika malaikat mengatakan salam hai engkau yang dikaruniai Tuhan, disinilah malaikat mengakui bahwa Maria adalah orang yang kudus.

3. Penghormatan Bunda Maria Berdasarkan Kitab Suci
Dalam Kitab Suci memang tidak ada satu ayatpun yang menyuruh kita untuk menghormati Bunda Maria. Akan tetapi dalam Injil Lukas 1:26-38 dan paralelnya, kita menemukan dasar mengapa kita menghormati Bunda Maria.

Itulah beberaa penjelasan penting bagi kita nasrani untuk menghormati Bunda Maria. Tidak hanya Katholik saja, melainkan seluruh umat nasrani.

0 comments:

Post a Comment