Friday 27 January 2017

Makna Logo Santa Agnes

19:07 Posted by Unknown , No comments

Sebenarnya Santa Agnes adalah asal sekolah saya dan pada masa Ujian Praktek saya diharuskan membuat artikel tentang Santa Agnes ini dan saya mengambil topik tentang makna dari Logo SMPK Santa Agnes ini. Memang kurang bermanfaat untuk pembaca luas tapi cocok untuk menambah wawasan / ilmu saja.

Bentuk Dasar 

Parisai empat persegi panjang dengan sisi-sisi yang melengkung keluar dengan contour putih melambangkan nilai kebenaran dan keadilan. Sikap institusi yang selalu siap mempertahankan kebenaran dan kebaikan serta sekaligus selalu ingin berkembang, tetapi dalam keseimbangan, keserasian, dan sejalan dengan batas-batas nilai kebenaran dan kebaikan. 

Warna
1. Warna Kuning dan putih melambangkan identitas katolik (bendera Paus/Vatikan).
2. Biru melambangkan laut atau langit yang berarti hal-hal yang jauh, berkejangkauan tak terbatas, gambaran     akan ilmu pengetahuan, teknologi dan budi (seni).
3. Hijau melambangkan hidup, tumbuh, berkembang, kesuburan, dan kesejahteraan. 
4. Putih melambangkan kesucian, kebajikan, kebaikan, dan kebenaran.

Salib 
Melambangkan KRISTUS sebagai Guru Sejati, dimana penderitaan sekaligus kemenangan dan kegembiraan. Warna putih melambangkan terang, cerah, gembira . Salib yang putih melambangkan gambaran bahwa belajar / menuntut ilmu itu susah, sukar, berat tetapi menyenangkan. 

Bunga Lilin Gereja
Posisi Salib melatarbelakangi sekuntum bunga Lilia gereja. Kuntum mekernya berwarna putih. Lilia gereja yang mekar berwarna putih menggambarkan usaha dan harapan institusi bahwa puta-putri didik harus tumbuh dan berkembang menjadi manusia berguna, berbudi pekerti luhur. 

Tulisan St. Agnes
Nama pelindung sekolah tersusun atas huruf besar dan kecil yang melambangkan sikap tidak membeda-bedakan antara besar dan kecil, kuat dan lemah, kaya dan miskin, pria dan wanita, semua tertampung dalam satu wadah, semua ternaungi dalam satu institusi.

Sekian artikel singkat dalam rangka mengejar artikel ujian praktek. Semoga dapat bermanfaat bagi yang merasa mendapat manfaat. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment