Friday 27 January 2017

Fakta Menarik Dalam Matematika

18:53 Posted by Unknown , No comments
Matematika adalah salah satu pelajaran wajib dalam setiap sekolah. dari SD, SMP, bahkan SMA / SMK. Sudah menjadi makanan wajib bagi seluruh siswa khususnya di Indonesia.

Nah, tentu yang selalu kita pikirkan bahwa matematika hanya berbicara soal berhitung, nyatanya ada beberapa fakta menarik dalam matematika dan berikut ini beberapa fakta menarik yang mungkin tidak anda temui di sekolah.

1. 3,14 Jika Dibalik Akan Menjadi Nama Rumusnya Yaitu Pi(e)
foto: kaskus.co.id
Pasti udah sering tau dong, kalau 3,14 atau 22/7 ini sering nongol di soal matematika. Seperti di gambar, coba praktikkin sekarang. Tulis angka 3,14 di kertas terus bercerminlah. Niscaya, 3,14 tadi akan bisa di baca PIE.

Poin ini sedikit nggak penting sih, tapi nggak apa-apa, soalnya saya yakin kamu baru tau hal ini. Iya, kan?

2. Angka Terpanjang Di Dunia Yaitu Googolplex (10^(10^100))
foto: kaskus.co.id
Ini bukti kenapa matematika itu merupakan pelajaran yang mematikan, karena bisa menghabisi komputer dan otak manusia sekaligus. Tapi nggak apa-apa, asal jangan pernah menghabisi makanan di lemari aja. Karena kalau makanan di lemari juga dihabisi, lalu aku makan apa?

Kalau kamu iseng nanya: “Berapa ya, kira-kira angka terpanjang pada matematika?”

Jawabannya adalah googolpex.

Apa itu googolplex?

Dia adalah angka terpanjang dalam ilmu matematika, yaitu 10 pangkat 10 pangkat 100. Nggak ada manusia yang bisa nulisin ini secara manual dan telaten, meski dengan bantuan komputer sekalipun.
Isu yang beredar, kalau diaplikasikan ke computer, maka memorinya nggak akan cukup untuk menuliskan angka segitu banyak.

3. Nol Adalah Angka Keramat
foto: kaskus.co.id

Tau nggak, ternyata angka Nol itu punya keistimewaan dan dianggap sebagai angka keramat. Kenapa ini? Kenapa? KENAPA?!

Jadi gini… awalnya angka nol ini ditemukan oleh Al-Khawarizmi, yang juga penemu aljabar dalam matematika. Nah, angka Nol ini kemudian dianggap punya banyak keunikan.


  1. Dia merupakan angka yang nggak bisa ditulis dalam angka romawi.
  2. Dia juga satu-satunya angka yang punya banyak nama kayak nil, naught, zip dan zilch.
  3. Meski bulet tapi nol tergolong bilangan genap.
  4. Dan dia ini sebagai angka yang mudah dalam perhitungan.
Berbahagialah kamu yang saat berhitung mendapati angka 0 banyak dalam berhitung dimana kamu dapat menyisihkan 0 tersebut dan menghitung angka yang bukan nol tadi lalu tinggal ditambahkan kedalamnya.

4. Angka Tujuh Menjadi Angka Paling Beruntung
foto: flickr.com


Angka 7 merupakan angka yang nggak bisa dibagi sama angka 1 sampe 10. Maksudnya, angka ini adalah angka yang nggak punya kelipatan 1-10. Kan, kelipatannya 14. Selain itu, angka 7 ini paling ‘ditakuti’ di teori bilangan, karena bentuknya yang jarang berpola.

Tenang guys, poin terakhir emang membingungkan. Tapi bagi pecinta matematika pasti paham kok.

Angka ini emang dianggap favorit dan udah membudaya dalam kehidupan. Mulai dari nama geng aja, banyak banget yang anggotanya 7 orang, seperti: Seven Beauty, Seven Icon, atau yang paling kamu tau adalah Seven wonder of the world. Hingga ada yang mengklaim bahwa angkat 7 sebagai angka keberuntungan.

Dikatakan angka beruntung karena hampir di tiap bagian perjudian baik Roulette dan Slot Machine angka tujuh dapat membawamu kepada kekayaan karena akan memberikan keuntungan yang besar dalam sekali permainan.

0 comments:

Post a Comment